Sabtu, 08 Agustus 2009

Lautku Rumahku

Laut adalah salah satu sumber nafkah bagi sebagian banyak orang di dunia, sebab itu kelangsungan ekosistim sangat penting di jaga agar anak cucu kita masih dapat menikmati hasil laut yang sangat berlimpah tanpa mengurangi keindahan dan fungsi laut itu sendiri.
Pengalaman saya berlayar selama dua tahun di perairan domestik membuktikan bahwa banyak kegiatan para pelaut yang sangat tidak perduli dengan laut dan sekitarnya (sea environment).
Ini berlangsung sangat lama hingga saat sekarang ini, misalnya saja pembuangan slop (air limbah dari pencucian tanki kapal) yang menurut aturan internasional tidak boleh dibuang di laut dan harus dibuang di tempat penampungan tertentu di darat yang sudah disiapkan.
Jangankan slop, sampah saja ada aturan tertentu yang dibuat agar tidak mencemari laut.
Hal ini membutuhkan kesadaran tingkat tinggi bagi kita semua, terutama pelaut khususnya Master dan chief Enginer agar menerapkan aturan ISM Code (Intrnational Safety Managment Code) yang benar, ini kunci untuk mengurangi pencemaran laut, walaupun tidak semua pencemaran laut diakibatkan oleh kegiatan operasional kapal.
Peran pemerintah juga sangat penting untuk mengimplementasikan aturan yang sudah dibuat, bukan cuma slogan belaka perlu adanya pembuktian yang nyata agar hal ini dapat menjadi referensi bagi kita semua.
Semoga kita bisa "bravo indonesian seaman"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar